SILPA APBD CILACAP RP 184,099 MILYAR

Kamis, 22 Juli 2010 15:01:35 - oleh : Humas Cilacap

Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) pada APBD tahun 2009 di Kabupaten Cilacap sebesar Rp 184,099 miliar. Wakil Bupati Cilacap H Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya yang disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD yang dipimpin Wakil Ketua Drs. H. Ec Toto Yulisantoso, Kamis (22/7) mengungkapkan, SILPA yang telah diaudit oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah itu telah digunakan untuk menutup defisit pada APBD definitif 2010 sebesar Rp.36.479 juta.
Dari data  yang ada menyebutkan, realisasi pendapatan tahun 2009 sebesar 1,2 triliun, sementara belanja sebesar Rp 1,1 triliun sehingga surplus Rp 32.073 milyar. Sementara penerimaan pembiayaan sebesar Rp 154,438 milyar dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 2, 4 milyar maka surplus Rp 32,073 milyar.
Menanggapi saran Dewan dalam APBD perubahan Tahun Anggaran 2010 untuk lebih mengutamakan pembangunan fisik pedesaan yang belum selesai, SPP gratis bagi Program Pendidikan Dasar Sekolah Negeri dan kekurangan tunjangan beras bagi PNS atau pejabat lainnya, wabup berjanji untuk menindaklanjutinya.
Sedangkan terkait dengan SPP gratis,SILPA KIC, pengembalian insentif PBB , wabup menginginkan diadakan pembahasan bersama, mengingat dalam APBD definitif Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2010 mendapat alokasi dari bantuan provinsi untuk kegiatan bantuan pendampingan BOS dalam rangka mewujudkan sekolah murah di SD/MI, SMP/MTs sehingga apabila dibahas bersama lagi, dimungkinkan menghindari terjadinya duplikasi anggaran.
"Demikian pula peruntukan APBD perubahan Tahun Anggaran 2010 tetap mengacu pada aspirasi masyarakat yang berkembang pada forum Musrenbang utamanya yang sudah tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)," tambahnya.
Sedangkan  hasil audit atas pemeriksaan laporan keuangan Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2009 yang dilakukan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, wabup menyatakan sebagian temuan hasil audit telah di tindaklanjuti dan terselesaikan.
Berita acara Persetujuan bersama DPRD dan Bupati Cilacap tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tersebut masing-masing ditanda tangani oleh Wakil ketua DPRD yakni, Drs. H Ec Totot Yulisantoso, Tun Paskorina serta HM.Hanafi dan Wabup H Tatto Suwarto Pamuji  (Keen).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya