POLRES CILACAP PASANG 13 TITIK CCTV

Rabu, 7 September 2011 10:42:23 - oleh : pde


HUMAS CILACAP - Polres Cilacap memasang 13 kamera CCTV pada sejumlah tempat strategis yang terbentang dibeberapa titik jalur Selatan Cilacap, terminal bis, stasiun hingga ke obyek wisata. Pemasangan CCTV dalam program CTMNC (Cilacap Trafic Manajemen Center) ini merupakan terobosan baru yang ditempuh Polres Cilacap melalui Satuan Lalu Lintas sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan raya.
Kapolres Cilacap AKBP Rudi Darmoko melalui Kasat Lantas AKP Arie Prasetya Safaat menyebutkan, 13 titik yang terpasang CCTV yakni di wilayah barat, titik pemasangan seperti di wilayah Mergo, Majenang, Karangpucung yang terdapat dua kamera. Berikutnya di Sampang dan Kroya yang masing-masing dengan dua kamera. Di Sidareja, Terminal bis Cilacap dan alun-alun kota juga dengan dua kamera dan satu kamera terpasang disekitar obyek wisata Pantai Teluk Penyu.
Program ini langsung berfungsi maksimal karena pemasangannya yang mendekati berlangsungnya arus lalu lintas lebaran. "Jadi bisa langsung kita manfaatkan dan alhamdulillah cukup banyak membantu terutama dalam melakukan pantauan lalu lintas. Karena titik yang terpasang itu merupakan daerah rawan kemacetan dan kecelakaan" tandas AKP Arie.
Menurut dia, program ini sebenarnya bukan teknologi baru, namun untuk jajaran Kepolisian Resort terbilang masih baru, dan Cilacap mungkin yang pertama khususnya di wilayah Polda Jateng. Sistem kerja yang terkoneksi dengan teknologi internet menyodorkan data real time sehingga memudahkan pemantauan sekaligus antisipasi jika terjadi kendala di jalan raya. Dari pemantauan lewat kamera CCTV ini, praktis penanganan kendala di jalan raya dapat dilakukan dengan cepat, melalui centernya yang ada di gedung Sat Lantas.
"Siapapun bisa mengaksesnya melalui website www.satlantaspolrescilacap.com . Dan ini akan menjadi fasilitas baru di Polres Cilacap" ungkap Rudi Darmoko. (AP

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya