SEBANYAK 20 BIDAN DI CILACAP IKUTI PELATIHAN INSERSI IUD DAN IMPLANT

Selasa, 19 Maret 2013 12:22:37 - oleh : SKDI

HUMAS CILACAP - Sebanyak 20 bidan di Kabupaten Cilacap selama lima hari sejak 18 hingga 22 Maret mengikuti pelatihan teknis insersi IUD (alat kontrasepsi dalam rahim) dan implant, di Aula Bapermades ,PP,PA dan KB Cilacap.
Kepala Bapermades ,PP,PA dan KB Cilacap, Arifin SR,SH,MM didampingi Kabid KB dan Keluarga Sejahtera ,Drs. DasroSenin (18/03) saat pembukaan kegiatan pelatihan insersi IUD dan Implant bagi bidan Kabupaten Cilacap mengatakan, pelatihan bertujuan meningkatkan keterampilan para tenaga medis dengan pedoman standard operating procedure (SOP), meningkatkan mutu pelayanan prima bagi masyarakat, khususnya bagi akseptor keluarga berencana serta tersedianya akses tenaga medis yang memadai.
Pelatihan melibatkan pengampu yang berasal dari Pusat Pelatihan Klinik Primer-P2KP Kabupaten Cilacap yakni para dokter spesialis kandungan di Cilacap, Dinas Kesehatan Kabupaten serta Bapermades ,PP,PA dan KB Cilacap.
Menurut Dasro, pelatihan ini sangat penting karena selain melatih ketrampilan dalam pemasangan alat kontrasepsi iud dan implant, juga untuk mengup-date pengetahuan para bidan sesuai dengan perkembangan alat kontrasepsi terkini. "Harapanya para bidan mampu mengaplikasikan pelayanan sesuai dengan kontrasepsi yang tersedia, sehingga pelayanan akan berkualitas. Dengan pelayanan berkualitas maka tidak ada komplikasi, kegagalan juga rendah, pada akhirnya kepercayaan masyarakat juga meningkat. "jelasnya.
Pelatihan Insersi , tambah Dasro, diutamakan untuk para bidan yang belum pernah mengikuti pelatihan insersi. Adapun metode pelatihan yang diberikan berupa teori dan praktik, untuk praktik pemasangan kontrasepsi dilakukan di klinik LANAL Cilacap.Dalam praktik tersebut para peserta diwajibkan melayani dua aseptor baru, selain itu setelah pel atihan tersebut mereka masih memiliki kewajiban melayani 8 aseptor sebagai sarat untuk mendapatkat sertifikat kompetensi dari P2KP. Dikatakan, untuk tahun 2012 peserta aktif KB di Kabupaten Cilacap mencapai 262 107 aseptor dari 357 153 pasangan Usia subur (PUS) yang ada di Kabupaten Cilacap atau sekitar 73,39 %. (Arin).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya