BUPATI CILACAP TERIMA TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK TINGKAT NASIONAL

Selasa, 5 April 2016 09:34:46 - oleh : deris

CILACAP - Satu lagi prestasi yang diraih oleh Pemkab Cilacap di tahun 2016 ini. Setelah sebelumnya menerima penghargaan  Predikat B (Baik) Tingkat Nasional atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2015 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, hari ini Kamis (31/3) Bupati Cilacap H Tatto Suwarto Pamuji menerima Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional  Tahun 2016 dari Kementrian yang sama. Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Cilacap H Tatto Suwarto Pamuji dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Yuddy Chrisnandi bertempat di Jatim Expo Surabaya.


Menurut Kapala Bagian Humas Setda Cilacap, Taryo, S. Sos, M.Si, keberhasilan Kabupaten Cilacap dalam meraih penghargaan tersebut, karena Puskesmas Sampang  dinilai berhasil memiliki inovasi pelayanan publik dengan nama Gerak Cepat, Cermat dan Tepat Pelayanan Rawat Jalan 10 Menit, Dengan inovasi ini, satu pasien sejak mendaftar, didiagnosis dokter, mendapat layanan medis, sampai mendapat obat dalam waktu 10 menit. Dan inovasi ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat karena sangat membantu masyarakat, dan penghargaannya di terima Pak Bupati pada hari ini, kata Taryo.

Keberhasilan Puskesmas Sampang ini bersama 98 peserta lainnya, setelah mampu menyisihkan peserta lainnya sebanyak 2476 peserta  baik dari unsur Kementrian, Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.


Atas keberhasilan tersebut, Bupati Cilacap H Tatto Suwarto Pamuji, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung,  khususnya kepada Keluarga Besar Puskesmas Sampang dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Keberhasilan ini tentunya bukan hanya keberhasilan Puskesmas Sampang semata, tetapi keberhasilan semua pihak, keberhasilan seluruh masyarakat Kabupaten Cilacap, terlebih pada tanggal 21 Maret yang lalu kita baru saja merayakan Hadi Jadi ke 160 Kabupaten Cilacap. Jadi ini merupakan kado bagi kita semua kata Tatto.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Puskesmas Sampang harus diikuti dan dicontoh oleh semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Cilacap. Disamping itu, Bupati juga minta kepada semua SKPD yang ada di Kabupaten Cilacap untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Masalah peningkatan pelayanan publik ini sudah menjadi tekad saya untuk terus dilakukan, sehingga semua SKPD harus siap untuk melaksanakan itu. Tahun depan saya minta setiap SKPD sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing, minimal sudah mempunyai  satu inovasi pelayanan publik seperti halnya yang sudah dilakukan oleh Puskesmas Sampang, kata Tatto.

Menurutnya, peningkatan pelayan publik merupakan salah satu implementasi Kebijakan Bangga Mbangun Desa, sehingga pihaknya berkomiten untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui penataan berbagai hal yang mendukung suksesnya pelayanan tersebut baik menyakut SDM, sarana prasarana, infrastruktur, regulasi termasuk didalamnya masalah kemampuan dana yang ada. (pdm)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya