DISDUKCAPIL KEBUT PEMUTAKHIRAN DATA KEPENDUDUKAN

Kamis, 11 Januari 2018 13:59:10 - oleh : dony


CILACAP - Pemutakhiran data kependudukan menjadi prioritas kegiatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cilacap tahun 2018. Langkah ini dilakukan sebagai persiapan memasuki tahun politik pemilihan presiden dan legislatif 2019. Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Johan mengungkapkan, setelah KTP, pemutakhiran data kali ini fokus pada pemetaan Kartu Keluarga (KK). 


“Karena di KK ada beberapa anggota keluarga, karena ada beberapa perubahan baik karena data kependudukan ganda ataupun yang bersangkutan sudah pindah atau meninggal”, kata Johan, Kamis (11/1/2018).


Johan menuturkan, pelasanaannya akan melibatkan seluruh hierarki pemerintahan mulai dari Pemkab, Kecamatan, desa/kelurahan, hingga tingkat rukun warga (RW). Pekerjaan ini cukup berat mengingat banyaknya subyek yang akan didata. Tahap persiapan dimulai sejak awal Januari lalu. Selanjutnya Disdukcapil akan berkirim surat ke seluruh kecamatan untuk membentuk Tim Pemutakhiran Data Kependudukan tingkat kecamatan dan desa.


“Nanti kami akan minta bantuan tiap Camat untuk mempersiapkan petugas. Ada Kaur Pemerintahan, Kadus, hingga tingkat RW. Kemudian dirapatkan dan Camat diharapkan sudah mempersiapkan nama-nama yang akan masuk tim”, tambah Johan.


Kartu keluarga merupakan identitas yang memuat susunan, hubungan, dan jumlah anggota keluarga. Data yang termuat di dalamnya meliputi nama lengkap kepala keluarga dan anggota keluarga, nomor induk kependudukan (NIK), agama, pendidikan, pekerjaan, dan data kependudukan lainnya. Terakhir, pemutakhiran data kependudukan dilakukan pada tahun 2010. Sebelumnya pada tahun 2017, kegiatan difokuskan untuk memperluas cakupan layanan akta kelahiran.


“Cakupan akte alhamdulilah mencapai 78,68 persen dari target 85 persen pada 30 Desember 2017 untuk anak 0 – 18 tahun. Namun kami apresiasi teman-teman petugas di lapangan yang telah berusaha keras memperluas cakupan layanan akta kelahiran”, pungkasnya.(don)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya