PEMKAB CILACAP BERENCANA TAMBAH KAMPUNG KB

Jum`at, 13 Juli 2018 08:40:40 - oleh : dony


CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap berencana menambah jumlah Kampung KB di wilayahnya. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan, dan Penggerakan pada Dinas  KB PP dan PA Kabuapten Cilacap, Agus Subagyo, Kamis (12/7/2018).


Pelaksanaannya melalui koordinasi dengan pemerintah desa setempat, yang secara teknis mengalokasikan sebagian anggaran desa dengan advokasi dari penyuluh KB di wilayah. Pencanangan kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena tidak lagi mengandalkan dana hibah dari APBN.


Beberapa Kampung KB, menurut Agus saat ini sudah mulai dipersiapkan. Salah satu yang akan segera dicanangkan yakni Desa Pesanggrahan Kecamatan Kesugihan, pada 31 Juli 2018 mendatang. Beberapa desa di kecamatan lain seperti Karangpucung, dijadwalkan segera menyusul.


Di Kabupaten Cilacap sendiri saat ini sudah terbentuk 51 Kampung KB. Delapan di antaranya dicanangkan pada 2016, dan 24 desa dicanangkan pada tahu 2017. Selanjutnya pada periode April hingga Mei 2018, Pemkab Cilacap kembali mencanangkan 19 desa sebaghai Kampung KB.


Kampung KB tidak hanya bertujuan membatasi ledakan jumlah penduduk, tetapi memberdayakan potensi masyarakat dalam pembangunan. Manfaat lainnya membangun masyarakat berbasis keluarga, mensejahterakan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan masyarakat melalui integrasi program lintas sektor.(dony/kominfo)


Foto : Pencanangan Kampung KB di Desa Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi beberapa waktu lalu dihadiri Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya