Agustus, Perolehan Zakat Lampaui Target

Selasa, 17 September 2019 08:54:34 - oleh : tina


CILACAP – Hingga akhir Agustus 2019, perolehan zakat infak dan sodaqoh yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cilacap mencapai Rp 5,1 miliar. Perolehan ini telah melampaui target yang ditetapkan untuk tahun 2019, sebesar Rp 5 miliar.


Hal tersebut diungkapkan Ketua BAZNAS Kabupaten Cilacap, Muchsin, pada evaluasi BAZNAS di Gedung IPHI Cilacap, Senin (16/9/2019).ebutkan  Disebutkan pula, tahun ini terjadi lonjakan perolehan zakat sebesar Rp 3,87 miliar dibandingkan perolehan pada tahun 2019.


Menurut Muchsin, hal ini dipengaruhi meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mengeluarkan zakatnya, serta peran Unit Pengumpul Zakat (UPZ) pada sejumlah instansi pemerintah dan masyarakat. Sedangkan penyaluran zakat hingga Agustus 2019, mencapai Rp 3,88 miliar.


Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma;ruf berharap, perolehan zakat yang tinggi dapat diimbangi perencanaan penyaluran yang baik, agar manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Tak lupa, Sekda juga mengimbau ASN untuk mengeluarkan kewajibannya menunaikan ZIS.


Hal yang sama disampaikan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman. Wabup mendorong BAZNAS Cilacap agar makin profesional dan proporsional dalam mengumpulkan, mengelola, dan menyalurkan ZIS. Pada kesempatan ini BAZNAS Cilacap juga menerima sertifikat ISO 9000:2015 dari ACM Indonesia.


Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, pejabat di lingkungan Setda Cilacap, kepala dan perwakilan OPD jajaran Pemkab Cilacap, dan Camat jajaran. Selanjutnya, acara dilanjutkan pengajian Muharam 1441 Hijriyah, dengan penceramah Drs. H. Ahmad Kifni dari Purwokerto.(*)


Sumber : Bag. Humas & Protokol Setda Cilacap

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya