Pemkab Gelar Rapat Koordinasi Fasilitasi P4GN

Jum`at, 4 Oktober 2019 13:58:54 - oleh : widi


Cilacap - Pemerintah kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tahun 2019 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Jala Bumi Setda Kab.Cilacap, Jumat (4/10/2019).


Acara ini dhadiri oleh 85 orang dari masing-masing SKPD, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, dan  Camat  Se Kabupaten Cilacap. Acara dipimpin oleh  Asisiten pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Cilacap Drs.Dian Setyabudi MM, didampingi Kepala BNN Kabupaten Cilacap AKBP Drs Triatmo Hamardiono M.si, dan Kanit 1 Narkoba Polres Cilacap Iptu Setyo.


Asisiten pemerintahan dan Kesra sekda Kab.Cilacap Drs.Dian Setyabudi MM dalam sambutanya mengatakan, upaya pencegahan narkoba saat ini harus menjadi perhatian kita semua karena kejahatan narkoba sangat berbahaya bagi generasi penerus bangsa dan mempengeruhi sendi-sendi masyarakat sehingga diperlukan komitmen dari seluruh komponen masyarakat dan berupaya mewujudkan indonesia negri yang bebas narkoba.


“Berdasarkan penelitian penyalahgunaan narkoba dari tahun ke tahun terus berkembang sehingga pemerintah Kabupaten Cilacap berupaya untuk melakukan pencegahan guna penanggulangan  peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan menumbuhkan sikap menolak peredaran narkoba dan dengan membentuk desa bersih narkoba/desa bersinar dg tujuan untuk pemberdayaan masyarakat agar menumbuhkan kesadaran pencegahan, penyebaran dan penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.


Pihaknya berharap dengan upaya yang dilakukan, dapat didukung semua elemen masyarkat dan ikut berpartisipasi serta mengajak seluruh komponen  masyarakat  untuk bersama-sama berkomitmen menyatakan perang terhadap peredaran narkoba.


Sementara itu Kepala BNNK Cilacap AKBP Drs Triatmo Hamardiono  M.Si menjelaskan, Program desa bersinar bukan merupakan program dari BNN, melainkan program Pemerintah guna menanggulangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat.


“Berdasarkan penelitian BNN bahwa Kabupaten Cilacap dinilai cukup tanggap terhadap upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN),” ungkap Triatmo.


Lebih lanjut diterangkan bahwa penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) menunjukkan tren yang semakin meningkat di Indonesia, dan rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu narkoba. 


“Tempat rehabilitasi narkoba yang tersebar di seluruh Indonesia , setiap kota besar dan provinsi di Indonesia biasanya memiliki tempat atau rumah sakit yang menjadi tempat rehabilitasi narkoba” jelasnya. (wd/kominfo)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya