PLTU Ekspansi 2 Mulai Dioptimalkan

Sabtu, 5 Oktober 2019 19:01:50 - oleh : arin


CILACAP - PT Pembangkitan Jawa-Bali atau PJB bersama PT Sumberenergi Sakti Prima - SSP sedang mengembangkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap - PLTU berteknologi ultrasupercritical pertama di Indonesia.
Harapannya, pembangkit listrik yang dinamakan PLTU Cilacap Ekspansi Fase 2 ini sudah bisa beroperasi secara komersial pada bulan Oktober ini. Hal tersebut disampaikan Direktur Regional PLN Jawa Bagian Tengah - Amir Rosidin pada kegiatan Temu Stakeholder terkait Pengamanan Sistem Kelistrikan dalam rangka Beroperasinya PLTU Cilacap Ekspansi 2 di Fave Hotel Cilacap,Jumat (4/10).
Lebih lanjut, proyek PLTU Cilacap Ekspansi 2 nantinya bakal berkapasitas 945 Mega Watt untuk PLN dan sisanya sekitar 50 Mega Watt digunakan untuk pengoprasian yang ada di S2P. Realisasinya sejauh ini diketahui sepuluh bulan lebih cepat dari yang ditargetkan. Ia menggambarkan, dalam pembangunannya terdapat teknologi mutahir yang digunakan. Yakni ultra supercritical sebagai teknologi pembangkit listrik yang memiliki tingkat efisiensi lebih baik dalam menghasilkan energi listrik apabila dibandingkan dua teknologi pembangkit listrik subcritical dan supercritical.
Pembangkit Listrik terbesar pertama di Jawa tersebut katanya sudah mulai beroprasi dan menghasilkan sekitar 600 Mega Watt . Oleh karenanya bakal diadakan sejumlah tahapan, salah satunya pengujian ketahanan yang dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 13 Oktober mendatang.
Sementara Wabup Cilacap - Syamsul Aulia Rahman menyatakan dukungannya pada proyek Nasional yang berdiri diwilayahnya. Kendati demikian, pihaknya menekankan keberadaan industri di Cilacap dapat berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Salah satunya memperhatikan berbagai dampak lingkungannya.(Rin/grh}.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya