PEMKAB CILACAP GELAR BINTEK PENYUSUNAN SPP, SOP DAN SPM

Kamis, 19 November 2009 07:02:13 - oleh : pde

CILACAP - Asisten Administrasi Umum Sekda Cilacap, Drs. Djoko Triatmojo, MM, pagi tadi membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Pelayanan Publik, Standard Operating Procedure dan Standar Pelayanan Minimal Kabupaten Cilacap.
Bintek yang diselenggarakan melalui kerjasama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dan Biro Organisasi dan Kepegawaian Setda Provinsi Jawa Tengah ini diikut oleh 50 PNS dari perwakilan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap dan akan berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu (18/11) sampai dengan Jumat (20/11) yang bertempat di Ruang Jalabhumi Setda Kabupaten Cilacap.
Dalam laporannya, Kepala Bagian Organisasi Setda Cilacap yang diwakili oleh Kasubbag Ketatalaksanaan, Edy Supriyono, S.Sos, MM menyatakan bahwa maksud pelaksanaan kegiatan Bintek adalah untuk menyiapkan suatu pedoman bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas.
Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan Sumber Daya Manusia Aparatur agar memiliki kemampuan teknis dibidang penyusunan pedoman pelayanan publik, memfasilitasi penyusunan SPP, SOP dan SPM SKPD Pemerintah Kabupaten Cilacap sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat diberbagai bidang khususnya yang menyangkut penyelenggaraan pelayanan dasar.
Edy menambahkan, selama Bintek peserta akan dibekali dengan materi tentang Kebijakan Peningkatan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dasar Hukum dan Teknik Penyusunan SPP & SOP, Praktek / Simulasi Penyusunan SPP & SOP, Pokok-pokok Kebijakan Penyusunan SPM, Teknik Penyusunan SPM, Revisi / Penyempurnaan SPM SKPD di Lingkungan Pemkab Cilacap (berdasarkan Perbup No. 51 Tahun 2008), Inovasi Pelayanan Publik di Kabupaten Banyumas dalam rangka Penilaian Kinerja Yanlik Pemda (Penghargaan CBAN) dan Kinerja UPP (Penghargaan CPP), Paradigma Pelayanan Publik Berdasarkan UU No. 25 Tahun 2009 dan Kebijakan Tindak Lanjut Bimtek Penyusunan SPP, SOP dan SPM.
Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekda Cilacap dalam sambutannya berpesan agar seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap, khususnya bagi SKPD / Unit kerja yang melaksanakan fungsi pelayanan untuk segera menyusun Standar Pelayanan Publik (SPP), Standard Operating Procedure (SOP) dan menetapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sebagai pedoman/ panduan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
" Pelayanan publik merupakan gambaran nyata dari kinerja instansi Pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, disamping harus memiliki SPP dan SOP, setiap instansi pemerintah juga harus mempunyai target kinerja pelayanan yang terukur dengan menetapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sebagaimana diamanatkan Peraturan Pemerintah No.65 Tahun 2005 dan Permendagri No.6 Tahun 2007", jelasnya. (vb-HUMAS)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya