cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
RUMAH ADAT JAWA AKAN DIDATA
2010-06-01 08:08:31 - by : pde

HUMAS CILACAP - Keberadaan rumah-rumah adat jawa yang tersebar di Kabupaten Cilacap akan didata oleh Disbudpar Kab. Cilacap. Hal itu diungkapkan Kepala Disbudpar Kab. Cilacap Indro Cahyono beberapa waktu lalu. Pendataan rumah-rumah adat terkait dengan kekayaan budaya sebagai situs sejarah yang layak dilindungi. "Tentunya untuk rumah adat yang usianya cukup tua sekitar 50 tahun", katanya.
Seperti halnya di lokasi calon komplek wisata Desa Wisata Karangbenda-Adipala, rumah-rumah adat disana akan dijadikan sebagai salah satu obyek kunjungan wisata. Nantinya, rumah-rumah adat tersebut akan ditata sedemikian rupa dengan dana dari pemerintah. "Namun demikian tidak akan mengubah hak milik, dan tetap boleh ditempati pemiliknya", terangnya.


JOGLO DAN SROTONG


Di Kabupaten Cilacap memang masih terdapat rumah-rumah adat jawa baik model joglo maupun srotong. Namun keberadaannya kini tidak lagi banyak, dan tidak mudah ditemui. Jikalaupun ada usianya belum begitu tua. Sekitar tahun 70-an bangunan rumah adat masih bermunculan, karena model itu masih digandrungi kebanyakan warga Cilacap. Namun seiring perkembangan jaman, dan kemajuan seni arsitektur lama-lama berkurang. "Apalagi generasinya juga sudah berganti, sekarang lebih cenderung pada model yang praktis seperti model minimalis", ujar peminat budaya H.Darmowinangun. menurutnya, padahal model rumah adat jawa cukup flesible. Sementara itu menurut Ir.Sundoro rumah-rumah adat memiliki filosofi sendiri-sendiri. "Seperti jumlah kamarnya juga itu ada filosofinya, jadi tidak asal-asalan", katanya. Sundoro yang juga seorang konsultan merespon positif atas upada Disbudpar untuk ikut mempertahankan kekayaan budaya berupa rumah adat yang ada di Kabupaten Cilacap. (abe)

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2/?pilih=news&aksi=lihat&id=1003