cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
INSPEKTORAT TERAPKAN SOP PEMERIKSAAN
2013-03-26 08:57:13 - by : SKDI

HUMAS CILACAP - Inspektorat Kabupaten Cilacap berupaya meningkatkan kinerja tenaga auditornya melalui optimalisasi standar operasional prosedur (SOP) sesuai Peraturan Bupati Nomor 135 tahun 2012 tentang system dan prosedur pemeriksaan.


Kepala Inspektorat Kabupaten, Imam Wahyu Jatmiko menyatakan, dalam hal ini seorang pemeriksa harus mematuhi kode etik agar hasil audit bisa dipertanggungjawabkan. "Pemeriksa harus independen. Ngga boleh clamit (minta-minta-red), atau memungut imbalan karena bisa jadi indikasi gratifikasi" tegas dia.


Menurutnya, dalam upaya ini diterapkan sanksi bagi tenaga auditor yang disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya. "Kami berharap dengan SOP ini kinerja kami menjadi lebih meningkat untuk pengawasan dan pembinaan" kata Imam sambil menyebut jumlah tenaga auditornya yang saat ini masih belum ideal. Data yang ada, tenaga fungsional auditor dan pengawas pemerintah urusan daerah di Inspektorat Kabupaten saat ini hanya berjumlah 18 orang dengan struktural yang berjumlah enam orang.


Disamping meningkatkan kinerja tenaga auditor, Inspektorat saat ini juga masih memiliki PR (pekerjaan rumah-red) untuk menyelesaikan sisa temua kasus berdasarkan LHP (laporan hasil pemeriksaan) tahun 2012. "Memang tinggal menyisakan sekitar tiga persen saja dari sekitar 196 LHP yang kita tangani hasil temuan dari BKP, BPKP, Irjen dan Inspektorat Provinsi" tutur dia. (AP)

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2/?pilih=news&aksi=lihat&id=3561