cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap
Rubrik : Berita Kabupaten
UU LALU LINTAS YANG BARU SEGERA DIBERLAKUKAN Di Berlakukan
2009-10-24 11:08:31 - by : pde

CILACAP - Undang undang nomor 22 tahun 2009 yang mengatur tentang lalu lintas akan segera diberlakukan. Kapolres Cilacap melalui Kasat Lantas, Hamka Mapaita, mengatakan, undang undang lalu lintas yang baru tersebut mengatur berbagai pelanggaran yang berbeda dengan undang undang sebelumnya yakni nomor 14 tahun 2000.
Didalam undang udnang baru tersebut, bagi pengendara kendaraan bermotor yang tidak menyalakan lampu pada siang hari, sesuai dengan pasal 107 ayat 2 akan dikenai sangsi kurungan 15 hari serta denda 100 ribu rupiah.
Untuk yang tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi - SIM, sesuai pasal 77, akan dihukum 4 bulan dan denda 1 juta rupiah.
Yang tidak kalah pentingnya, bagi para pembalap liar juga akan dikenakan hukuman 1 tahun kurungan dengan denda 3 juta rupiah sesuai pasal 115 undang undang tersebut.
Selain itu juga Undang Undang tersebut mengatur tentang aturan berbelok kiri di sebuah perempatan jalan yang sebelumnya bisa langsung jalan, namun dalam aturan baru, harus berhenti.
Bagi pelanggar aturan berbelok kiri ini, akan dikenakan denda hingga 250 ribu rupiah.
Menurut Hamka, masyarakat harus memahami dengan sosialisasi undang udang yang baru tersebut.
Sebelumnya, Polres Cilacap telah melakukan sosialisasi undang-undang tersebut melalui beberapa media, antara lain menyebarkan informasinya melalui media, penyebaran leaflet di Mall, Jalan serta pemasangan Baliho dan Poster di tempat tempat strategis.(ng-HUMAS)

cilacapkab.go.id : Website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap : http://cilacapkab.go.id/v2
Versi Online : http://cilacapkab.go.id/v2/?pilih=news&aksi=lihat&id=701