FRAKSI-FRAKSI BERIKAN PANDANGAN UMUM 10 RAPERDA

Kamis, 9 Desember 2010 13:28:40 - oleh : Humas Cilacap

Sebagai salah satu tahapan dalam proses pembuatan peraturan Daerah, DPRD Cilacap menggelar Sidang Paripurna untuk penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap 10 Raperda yang diajukan pemerintah. Kesepuluh Raperda tersebut antara lain tentang tata Ruang Kab. Cilacap tahun 2010-2030, Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah tahun 2012, Retribusi Pelayanan pasar, retribusi IMB, Bangunan Gedung, Pengelolaan sampah dan retribusi pelayanan persampahan/Kebersihan, Pembentukan, Penghapusan Desa dan perubahan status desa menjadi kelurahan, Perubahan pertama atas Perda No 7 tahun 2006 tentang Perangkat Desa, Retribusi pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas, dan raperda tentang APBD TA 2011.

Fraksi PDI-P menyoroti soal empat retribusi berpendapat agar pengelolaan terhadap proyek-proyek retribusi dapat tertata dengan baik dan secara imbal balik dapat diberikan pelayanan yang maksimal. Lewat Jubinya  Darimun FPDIP bahwa hal yang terpenting adalah pencermatan yang sungguh0-sungguh sebelum perda ditetapkan., sehingga masyarakat memandang pemberian retribusi bukan sebagai beban. Sementara itu Fraksi Golkar lewat jubirnya Paijan meminta agar pemda konsisten terhadap penarikan retribusi terkait dengan imbal balik terhadap pelayanan. Pendapat tidak jauh berbeda juga disampaikan fraksi lain seperti PAN,PPP, FBK, dan Fraksi Demokrat. Namun Fraksi Partai Demokrat hanya berpendapat singkat tidak membahas satu persatu. Lewat jubirnya Hermawan, FPD berpendapat agar kesepuluh Reparda itu segera saja diproses.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Cilacap H. tatto Suwarto Pamuji berharap agar ada masukan-masukan terkait dengan kesepuluh Raperda yang diajukan. Rapat paripurna pandangan umum fraksi terhadap kesepuluh Raperda dipimpin Wakil Ketua DPRD Drs.Ec.H.Toto Yulisantoso, MM. (abe)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya