2012 RENCANA INVESTASI CILACAP RP 17 TRILIUN

Senin, 16 April 2012 08:18:51 - oleh : SKDI

HUMAS CILACAP - Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT) merencanakan nilai investasi di Kabupaten Cilacap pada tahun 2012 ini sebesar Rp 17.166.950.000.000. Sebuah nilai yang sangat fantastis dan mampu mendongkrak investasi yang dalam beberapa tahun terakhir cenderung melorot.
Sebagai perbandingan, tahun 2011 kemarin dari target penanaman modal sebesar Rp 450 milyar, realisasi investasinya sebesar Rp 463 milyar. Namun menurut Kepala BPMPT, Indar Yuli Nyataningrum, walaupun tidak menyentuh satu triliun, tapi sebenarnya angka tahun lalu, Cilacap masih diatas kabupaten tetangga seperti Banyumas yang realisasinya hanya kisaran Rp 350 milyar saja.
Dijelaskan, besarnya nilai investasi tahun ini antara lain ditopang oleh tiga mega proyek raksasa nasional. Masing-masing proyek RFCC (Resid Fluid Catalytic Cracking) Pertamina Refinery Unit (RU) IV dengan rencana investasinya senilai Rp 8,4 triliun. Berikutnya, proyek PLTU 2 Bunton-Adipala dari PT.PLN dan pengembangan PLTU Karangkandri yang akan berkapasitas 1 x 600 mega watt. Masing-masing proyek ini rencana nilai investasinya sebesar Rp 4 triliun.
Angkanya semakin bertambah dengan adanya sembilan proyek lain yang terealisasi tahun ini. Diantara yang cukup menonjol adalah pembangunan rumah sakit Sedya Sehat di Jalan Soekarno-Hatta Menganti senilai Rp 720 milyar. Proyek pembangunan hotel di Jalan Perintis Kemerdekaan oleh PT.Cahaya Surya Selatan dengan nilai investasi Rp 26 milyar serta pembangunan SPBE (stasiun pengisian bulk energi) di Karangpucung senilai Rp 1,6 milyar dan di Cimanggu senilai Rp 6 milyar.
Investasi lainnya seperti tiga kegiatan pengolahan dan pemurnian biji pasir besi yang ada di Desa Kesugihan Slarang, Kelurahan Mertasinga Kecamatan Cilacap Utara dan di Desa Banjarsari Nusawungu dengan nilai investasi mulai Rp 1 milyar sampai Rp 2,6 milyar. Dan pembangunan tujuh tower seluler oleh PT.Protelindo yang nilai investasinya mencapai Rp 5,250 milyar serta pembangunan wahana wisata Taman Sari Sampang, sebesar Rp 2,5 milyar. (AP).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya