MoU SENTRA GAKKUMDU CILACAP DITANDATANGANI TIGA LEMBAGA

Selasa, 19 Maret 2013 12:12:29 - oleh : SKDI

HUMAS CILACAP - Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Cilacap, Bachtiar Hastiarto, SH, MH, Kapolres Cilacap, AKBP Wawan Muliawan, SH, SiK, MH dan Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Edyward Kaban, SH,MH, Kamis (14/03) menandatangani nota kesepakatan bersama sentra Penegakan Hukum Terpadu/Gakkumdu.

Penandatangan MoU yang berlangsung di Gadri Pendopo Wijayakusuma Cilacap, disaksikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, serta dihadiri forum komunikasi Pimpinan Daerah, Kapolsek se Kabupaten dan anggota Panwas Kabupaten dan Kecamatan serta undangan lain.

Ketua Panwas Pemilu Kabupaten Cilacap, Bachtiar Hastiarto menyampaikan, sentra Gakkumdu merupakan suatu forum yang terdiri dari unsur badan pengawas pemilu, Kepolisian Negera dan Kejaksaan RI, yang bertugas menangani tindak pidana pemilu.

Tindak pidana pemilu yang dimaksud adalah tindak pidana yang terjadi dalam penyelenggaraan pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD, pemilu Presiden dan Wakil presiden, dan pemilhan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Penandatangan nota kesepakatan ini dimaksudkan sebagai pedoman untuk menyamakan pehamanan dan pola penanganan tindak pidana pemilu secara terpadu dan terkoordinasi bagi para pihak. Sehingga terwujud kerjasama yang sinergis dari para pihak, dalam rangka sentra penegakan hukum terpadu pemilu, serta tercapainya penegakan hukum tindak pidana pemilu secara cepat dan sederhana serta tidak memihak.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto pamuji dalam kesempatan yang sama mengatakan, kesepakatan ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk melakukan kerjasama secara realistis dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Sehingga pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar dan bermartabat.

Lebih lanjut dikatakan, seperti kita ketahui bersama bahwa dalam dua tahun kedepan kita akan melaksanakan beberapa pesta demokrasi, mulai pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada 2013 ini, dan pemilu legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 2014.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati minta kepada semua pihak untuk berupaya menjaga wilayah Kabupaten Cilacap agar tetap kondusif. Karena jika kondisi tidak kondusif, bukan hanya pelaksanaan pemilu yang gagal, tetapi juga bisa menghambat pembangunan wilayah secara menyeluruh.

Untuk itu, lanjut Bupati, penandatangan MoU ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sebagai upaya kita untuk lebih menyatukan visi dan persepsi kedepan. Sekaligus sebagai langkah untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat menuju situasi yang kondusif dalam wilayah Kabupaten Cilacap. (hromly)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya